Home » Recommendation » Memilih tutorial TI di internet

Memilih tutorial TI di internet

Di internet, ada begitu banyak tutorial teknologi informasi/komputer yang ditulis oleh banyak orang atau lembaga. Sebut saja tutorial yang disediakan oleh tutorialspoint, w3school, dan sebagainya. Namun, dengan begitu banyaknya tutorial, menimbulkan kebingungan dan justru malah meninggalkan semuanya (yang terakhir ini hanya opini). Pada tulisan ini, saya akan coba mengulas bagaimana cara memilih tutorial yang ada, setidaknya berdasarkan pengalaman pribadi.Ada banyak tutorial di internet dengan susunan yang bermacam-macam. w3schools misalnya, memberikan tutorial berdasarkan topik seputar pengembangan web. Tutorial dikemas dalam topik-topik tertentu, disusun secara sistematis, sehingga memberikan kemudahan pengguna untuk mencari topik tertentu. Namun, terkadang tidak semua hal yang dicari ada dalam w3schools misalnya.Watch Full Movie Streaming Online and Download

Tidak semua tutorial pun cocok untuk setiap pengguna internet. Mungkin w3schools hanya pantas untuk golongan tertentu sedangkan yang lain tidak, karena mungkin yang disajikan baru sebatas permukaan saja. Untuk itu, beberapa langkah berikut dapat diambil sebelum melangkah lebih jauh mencari tutorial yang tepat untuk anda :

  1. Kenali posisi diri sekarang. Apakah kita pemula? atau sudah cukup mahir? karena jika anda sudah cukup mahir dan mengikuti tutorial untuk pemula, maka boleh jadi waktu anda akan cukup terbuang.
  2. Tentukan tujuan anda mencari tutorial. Apa tujuan anda mencari tutorial ? Apakah ingin belajar dari awal sampai akhir? atau hanya topik tertentu saja ?
  3. Mulai mencari. Carilah tutorial dengan sistematika tertentu, karena ada beberapa tutorial yang contoh-contohnya saling berkait antar satu ‘bab’ dengan ‘bab’ sebelumnya. Cari tutorial dengan contoh-contoh yang diberikan saling ‘lepas’.
  4. Coba beberapa tutorial yang sistematis. Mungkin anda menemukan beberapa situs yang menyediakan topik tutorial yang sama. Cobalah secara paralel bab-bab awal dari tutorial tersebut kemudian pilih satu tutorial saja.
  5. Pilih satu tutorial.
  6. Fokus pada sebuah tutorial dari awal sampai akhir. Ini penting untuk mendapatkan manfaat dari tutorial yang ada di internet, jangan sampai waktu terbuang hanya karena mencoba beberapa tutorial dan kemudian meninggalkan semuanya !

Demikian, semoga bermanfaat. Sekali lagi, tulisan ini hanya opini, berdasarkan pengalaman pribadi.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *